Perbedaan Peta DSM dan DEM atau DTM

Jika anda mencari artikel ini, mungkin anda sudah mengerti dasar - dasar jenis peta dan mengetahui dasar membuat peta dan peruntukan peta tersebut, dan jika anda bekerja pada bidang perencanaan yang berhubungan dengan kontur bumi anda harus mengetahui definisi dari ke tiga jenis peta ini yaitu DSM dan DEM atau DTM, sehingga anda tidak salah dalam menggunakan jenis peta - peta ini untuk merencanakan sebuah pekerjaan yang terkait dengan rupa bumi.
Perbedaan Peta DSM dan DEM

Peta DSM (Digital Surface Model)
DSM merupakan singkatan dari Digital Surface Model atau model permukaan digital. DSM adalah peta model permukaan bumi yang menampilkan semua object di permukaan bumi termasuk bangunan dan pohon, jadi ketinggian permukaan bumi pada peta ini bukan hanya ketinggian permukaan tanah asli, namum termasuk ketinggian object pada permukaan tanah.

Dalam penggunaan nya, peta DSM biasa digunakan untuk perencanaan tata kota dan perencanaan pembebasan lahan pemukiman.


Peta DEM (Digital Elevation Model)
DEM merupakan singkatan dari Digital Elevation Model. DEM adalah peta elevasi digital berupa peta grid raster titik titik awal atau titik ketinggian tanah pada permukaan bumi. Model yang dihasilkan peta DEM ini adalah model 3D dengan menampilkan permukaan bumi yang berasal dari ketinggian tanah asli, dan tidak menampilkan object lain seperti gedung dan pohon.
Peta DEM

Dalam penggunaan nya, Peta DEM biasa digunakan untuk perencanaan pembangunan jalan dan jembatan, dengan tampilan peta rupa bumi 3D DEM perencana dapat melakukan analisis resiko longsor, hidrografi dan stabilitas batuan.

Peta DTM (Digital Terrain Model)
DTM merupakan singkatan dari Digital Terrain Model, DTM adalah model peta yang secara prinsip sama dengan DEM, yang membedakannya hanyalah metode pembuatan jenis peta nya saja, pembuatan peta DTM menghasilkan titik-titik teratur yag mengikuti bentuk permukaan bumi.
Peta DTM

Dalam penggunaan nya, Peta DTM biasa kita gunakan pada software Google Earth Pro, Software ini dapat menampilkan Digital Terrain Model permukaan bumi yang dapat kita konversikan ke model peta DEM. Artikel ini terkait peta DTM dan DEM Make a Contour Map in Quantum GIS (QGIS).

Untuk mengelola peta DEM untuk dijadikan peta kontur, anda dapat menggunakan software QGIS agar dapat export ke file DXF.
Untuk Download peta DEM di Indonesia, berikut artikelnya:
Download Peta Rupabumi Indonesia (RBI) dari Situs Resmi Pemerintah Indonesia



Comments