Cara mengubah file kml dan kmz ke file shp (kml and kmz to shp)

Jika dalam pekerjaan anda sering berhubungan dengan peta, ada baik nya anda bisa menggunakan aplikasi Google Earth Pro dan QGIS, dua aplikasi ini dapat saling melengkapi, karena saya sendiri dalam pekerjaan sehari-hari lebih terbiasa menggunakan Google Earth Pro untuk membuat placemark dan path dan jika ingin merubah tipe file selain kmz dan kml, saya menggunakan QGIS (Quantum GIS). Baca artikel saya lebih lanjut tentang cara membuat placemark dan path di Google Earth dan juga artikel tentang QGIS.


Membuat Path di Google Earth dan Menampilkan Elevasi dan Kontur
Aplikasi Pemetaan Open Source Gratis QGIS

Berikut cara mengubah file kml ke shp. dalam artikel ini saya sudah mempunyai path jalan yang sudah ada di Google Earth Pro saya.
  1. Jalankan Google Earth Pro 
  2. Jika anda belum mempunyai data, silahkan buat satu path di Google Earth Pro anda. 
  3. Klik kanan pada layer path anda lalu klik Save Place As... pilih tipe file .kml
     
  4. Jalankan aplikasi QGIS anda. tekan Crtl+N untuk membuat file baru, tekan Crtl+Shift+V untuk menambahkan vektor layer baru, atau anda bisa klik menu bar Layer -> Add Layer -> Add Vector Layer.
  5. Pada jendela Data Source Manager | Vector, Source Type pilih file, Encoding pilih System dan pada Source Vector Dataset(s) silahkan ambil file .kml yang sebelumnya dibuat di Google Earth Pro. Kemudia klik Add dan Close. 
  6. Setelah layer dan path sudah tampil, klik kanan pada layer dan klik Export kemudian klik Save Features As... 
  7. Pada jendela Save Vector Layer as... Format (ESRI Shapefile), File name (pilih lokasi penyimpanan dan memberi nama file), CRS (EPSG:4326 - WGS 84), Encoding (System), Geometry type (Automatic). kemudian klik OK. 
Setelah proses ini akan ada tambahan layer baru dengan format file .shp dan jika anda ingin melihat file shp dan dbf nya berada pada folder tempat anda menyimpan pada proses sebelumnya.
Semoga artikel ini bisa membantu anda. 🙏



Comments