Cara Menggunakan SketchUp Online Free

SketchUp Online Free adalah salah satu perangkat lunak untuk desain grafis yang dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis model desain grafis yang dikembangkan oleh Trimble yang dapat kita gunakan secara gratis dan tidak perlu menginstal di komputer kita karena SketchUp Online ini di jalankan pada browser.




Cara Menggunakan SketchUp Online Free

  • Pertama, anda harus mempunyai akun email untuk mendaftar, atau anda dapat langusng login menggunakan email google.
  • Masuk ke website di alamat ini https://www.sketchup.com/plans-and-pricing/sketchup-free


  • Klik Tombol Start Modeling pada halaman Web, dan anda akan diarahkan ke halaman login, saya masuk menggunakan tombol sign in with Google.


  • Setelah masuk menggunakan Google, maka akan tampil landing page loading ke dalam perangkat lunak, dan masuk ke halaman Home. Pada tahap ini anda sudah berhasil masuk dan sudah dapat menggunakan perangkat lunak ini secara gratis.


  • Anda dapat memulai membuat obyek desain grafis anda. Klik Create New kemudian pilih klik berdasarkan satuan ukuran yang anda mau bisa Feet and Inches, Millimeters dan Meters.
  • Setelah memilih anda akan langsung masuk ke halaman kerja. Pada halaman kerja terdapat model obyek orang dan 3 garis yaitu merah, biru dan hijau yang dapat membantu kita menentukan arah suatu model obyek yang kita buat. Pada bagian bawah terdapat kolom measurements yang dapat kita gunakan untuk melihat ukuran model obyek. Untuk menu terdapat pada ke dua sisi halaman kerja, sisi kiri yaitu menu dasar untuk membuat model obyek dan navigasi sedangkan pada sisi kanan yaitu menu-menu untuk memodifikasi model obyek styles seperti material dan informasi obyek model.


Membuat Model Obyek di SketchUp Online Free

  • Klik menu Rectangle pada grup menu sebelah kiri, terdapat beberapa pilihan obyek yaitu Rectangle, Rotated Rectangle, Polygon dan 3D Text. Pilih Rectangle, kemudian klik pada lantai dengan garis bantu berwarna merah, tarik untuk meluaskan. untuk mengecek bentuk model obyek yang sudah di buat, anda dapat menggunakan menu orbit pada menu sebelah kiri paling bawah. Anda dapat menggunakan cara ini untuk membuat model obyek lingkaran, polygon dan text 3D.








  • Untuk membuat model obyek rectangle anda menjadi satu persegi utuh 3D, gunakan menu Push/Pull. Klik pada permukaan model obyek rectangle dan tarik ke atas atau ke arah garis bantu biru.





  • Klik Save untuk menyimpan Model Obyek. Obyek akan tersimpan secara online di akun anda. Buat folder dan simpan.





  • Untuk keluar, klik pada menu 3 garis datar kemudian menu home kemudian Account dan klik tombol  Sign Out.








    Baca Juga Artikel terkait:
    Trase Jalan Menggunakan Quantm Trimble


Comments