Light Fidelity (Li-Fi) Jaringan Komputer Kecepatan Tinggi

Perkembangan teknologi jaringan komputer mengalami perkembangan bersamaan dengan perkembangan teknologi komunikasi dan komputer, dimulai dari jaringan menggunakan kabel dan kemudian sinyal yang masih bertahan hingga saat ini, namun saat ini juga hampir semua jaringan kabel internet sudah menggunakan kabel dengan jenis fiber optik, kabel ini memiliki saluran transmisi dari kaca atau plastik halus yang dapat memantulkan transmisi cahaya.

Penerapan cahaya pada kabel sudah dapat kita gunakan sekarang yaitu fiber optik. Saat ini para peneliti sedang melakukan penelitian dan pengembangan sebuah jaringan komputer yang cara kerja nya hampir sama seperti Wi-Fi, namum memiliki kecepatan bisa 100 kali lebih cepat dari teknologi Wi-Fi, teknologi tersebut adalah Light Fidelity atau Li-Fi.

Pencetus Li-Fi  adalah Harald Haas dalam paparan nya Harald Haas membahas mengenai penggunaan Wi-Fi saat ini yang memiliki banyak kekurangan seperti penggunaan energi yang besar dan masalah keamanan sinyal. Seperti namanya Light Fidelity teknologi ini bekerja menggunakan media cahaya tampak, definisi cahaya tampak yaitu cahaya kelihatan seperti cahaya dari sebuah lampu. Cara penerapan Li-Fi terbilang cukup mudah, kita hanya tinggal mengganti lampu lama kita dengan lampu LED Li-Fi. Teknologi ini diharapkan kedepannya oleh Harald Haas dapat terhubung dengan smartphone.

Li-Fi memiliki kecepatan 100 kali lebih cepat dari teknologi Wi-Fi atau setara 224 gigabita per detik.

Referensi:
1. Harrald Haas (Wireless Data From Every Light Bulb) ted.com 
2. id.wikipedia.org (Li-Fi)

Comments