Google Earth Web

Google Earth Web

Google Earth sekarang sudah dapat digunakan melalui browser. Untuk menggunakan Google Earth web ini, perangkat komputer dan gadget kita harus terhubung dengan jaringan internet dan Google Earth web ini dijalankan di web browser. Kualitas gambar pada peta juga sudah tajam dan rinci, terdapat fitur - fitur menu terbaru di versi web ini dan fitur lainya yang masih sama seperti di Google Earth Pro untuk dekstop. Berikut adalah cara menjelajah peta dan menggunakan fitur di Google Earth web:

Link Google Earth Web: https://www.google.com/earth/
Kemudian klik tombol Buka Earth, maka Google Earth web akan terbuka pada jendela browser baru.
Terdapat 7 icon fitur di sebelah kiri jendela aplikasi, dan fitur - fitur tersebut antara lain:

  1. Icon bergaris datar tiga adalah Menu. Fitur ini berisi menu seperti informasi akun Google anda, dan fitur - fitur seperti telusuri, voyager, gaya peta, foto, setelan, masukan dan bantuan. Menu foto berfungsi untuk menampilkan foto-foto yang di unggah ke Google Map. 
    Foto di Google Earth web

    Menu setelan berfungsi untuk menyetel Animasi, Setelan Tampilan, Format dan Satuan, dan Setelan Umum, untuk penjelasan masing-masing setelan terdapat pada bagian bawah menu setelan. 
    Setelan Animasi


    Setelan Tampilan


    Setelan Format dan Satuan

  2. Setelan Umum


  3. Icon Kaca Pembesar / Luf adalah fitur Telusuri, fitur ini berfungsi untuk menelusuri tempat pada peta Google Earth. Terdapat tiga tab dari hasil pecarian yaitu, Tempat, Lapisan Data dan Tur Terpandu.
    Tab Telusuri Tempat
    Tab Telusuri Lapisan Data


    Tab Telusuri Tur Terpandu


  4. Icon Kemudi Kapal adalah fitur Voyager, fitur ini adalah kumpulan komunitas informasi berbasis peta yang bekerja sama dengan Google Earth, menampilkan informasi melalui peta 3D dan 2D beserta narasi yang memiliki nilai informasi yang baik. Anda dapat menemukan banyak informasi dengan menggunakan fitur Voyager ini, seperti informasi mengenai alam, budaya dan pendidikan. 
    Informasi Tsunami Aceh data dari NOAA di fasilitas Voyager


  5. Icon Dadu lima titik ini adalah fitur Saya Lagi Beruntung. Fitur ini memberikan hasil penelusuran berdasarkan data lokasi populer di Google Earth web.
    Lokasi Hasil Telusuri dengan fitur Saya Lagi Beruntung


  6. Icon Placemark / Penanda Tempat adalah fitur Project, fitur ini berfungsi untuk membuat project dengan format file KML. Terdapat 4 fitur yaitu telusuri untuk menambahkan tempat, penanda letak, gambar garis atau bentuk dan slide layar penuh  desktop. 
    Fitur buat file KML di Google Earth web

    Fitur telusuri untuk mendapatkan tempat dapat anda gunakan untuk menambahkan sebuah tempat yang sudah ada di data Google Map di project anda. Fitur penanda letak mempunyai fungsi yang sama seperti placemark pada Google Earth Pro di desktop, kita dapat menandai letak dengan icon yang kita inginkan. Untuk mengganti icon penanda letak, klik tombolEdit tempat.  
    Fitur penanda letak
      Icon penanda letak

    Fitur gambar garis atau bentuk mempunyai fungsi sama seperti path dan polygon di Google Earth Pro di desktop, kita dapat membuat fitur garis seperti jalan dan bentuk polygon suatu area.
    Polygon area di Google Earth web

    Fitur gambar garis atau bentuk di Google Earth web

    Fitur slide layar penuh dapat kita gunakan untuk menampilkan sebuah area. Semua fitur - fitur ini dapat berada dalam satu project yang dapat di presentasikan.
    Mempresentasikan 3 fitur dalam project

  7. Icon Lapisan Layer adalah fitur Gaya Peta, fitur ini berfungsi untuk mengatur informasi - informasi apa saja yang akan ditayangkan pada Google Earth web kita, seperti label tempat, berbagai type jalan, transportasi umum, dan di fitur ini juga kita dapat mengaktifkan layer Bangunan 3D, Animasi Awan, dan Garis Kisi (garis lintang/bujur).
    Fitur Gaya Peta Google Earth web

  8. Icon Pengukur Garis adalah fitur Ukur jarak dan luas, fitur ini biasa kita gunakan juga di Google Earth Pro, hanya saja di Google Earth web ini fitur ini lebih mudah karena hanya menggunakan mode titik ke titik untuk mengukur garis panjang dan luasan. Untuk mengukur luasan, buat titik polygon anda dan pada akhir titik sambungkan pada titik awal polygon.
    Mengukur luasan area polygon di Google Earth web

Comments