Cara membuat Mail Merge Microsoft Word 365


Cara Membuat Mail Merge di Microsoft Word 365 Menggunakan Data dari Microsoft Excel 365


Mail Merge di Microsoft Word 365 menggunakan data dari Microsoft Excel 365

Anda dapat menggunakan menu Mail Merge ini untuk melampirkan data seperti alamat, nama orang atau aset apa saja yang berjumlah banyak dan berbeda, dengan begitu jika anda punya 100 data orang dan aset anda tidak perlu membuat 100 file surat, cukup dengan 1 file surat saja, anda cukup menekan tombol next record untuk mengganti datanya sesuai list anda. Berikut adalah langkah langkah membuat mail merge di Microsoft Word 365:


  1. Pertama siapkan data anda dan format surat anda, bisa nama, alamat atau aset. Pada artikel ini saya memakai data contoh nama dan alamat. Datanya saya simpan di file Excel. 
  2. Klik menu tab Maillings -> Klik Start Mail Merge -> Step-by-Step Mail Merge Wizard. letakkan pointer teks aktif pada tempat akan mengisikan datanya. Kemudian saya memilih tipe dokumen adalah Letters -> Klik: Next Starting documnent
  3. Pada tahap ke dua pilih Use the current document -> Klik Next: Select recipients; Pada tahap ke tiga ini pilih Use an existing list, klik Browse dan pilih file excel berisikan nama dan alamat yang sudah kita siapkan. Setelah memilih file excel, klik OK. setelah tampil data tabel Mail Merge Recipients, klik OK. 

  4. Pada tahap berikutnya klik More Items -> pada jendela Insert Merge Field, pilih entitas Jabatan dan klik Insert, tekan Close, pindahkan pointer text ke text setelah kata (di), klik More Items pilih entitas Alamat dan klik Insert, Close. -> Klik Next: Preview your letters, klik Next: Complete the merge. Gunakan tombol Next Record untuk data selanjutnya. 




Mudah-mudahan ini berguna untuk anda 👌

Comments