Cara Memisahkan Kata di Excel Menggunakan Menu Text To Columns

Bagaimana memisahkan kalimat di Excel?, bagaimana memisahkan kata di Excel?. Sebuah perkerjaan berat jika kita tidak mengetahui caranya bukan?. Pada Microsoft Excel Office 365 terdapat menu Text to Columns yang memiliki fungsi sebagai pemisah karakter dalam satu kolom untuk dipecah ke dalam kolom - kolom terpisah. Contohnya kita mempunyai satu kalimat paragraf panjang yang di dalam satu kolom dapat kita pisahkan ke dalam kolom - kolom terpisah berdasarkan pada kata yang di pisahkan oleh spasi atau koma.
Berikut adalah cara memisahkan kalimat paragraf menjadi kata terpisah menggunakan menu Text to Columns di Ms. Excel.
  1. Buka file excel yang terdapat konten text atau kalimat paragraf yang ingin anda pisah per kata.
  2. Pilih kolom yang berisi paragraf yang akan di pisah.
  3. Klik menu bar Data, lalu klik menu berlogo Text to Columns. 
  4. Pada file saya karena pemisah kata menggunakan spasi maka pada optional Original data type saya memilih Fixed width, klik Next. (pilih Delimited jika pemisah kata menggunakan koma atau tab) 
  5. Pada tahap ini kita dapat menggeser garis pada kolom untuk menentukan letak pemotongannya. jika sudah sesuai letaknya silahkan klik Next. (pada tahap ini biasanya dibiarkan saja sistem menentukan letak pemotongannya)
  6. Pada tahap ini kita dapat menentukan format kolom yang akan di isikan data, dan Destination atau lokasi kolom data akan dipisahkan menjadi kata per kata. jika sudah sesuai klik Finish

     
Semoga bermanfaat dan dapat membantu pekerjaan anda. 👍👍


Comments