Cara Menggunakan Flight Simulator di Google Earth

Aplikasi Google Earth menyediakan menu simulator penerbangan yaitu Flight Simulator dengan pilihan 2 (dua) jenis pesawat terbang, dan kita dapat mencoba dengan melakukan penerbangan simulasi dari berbagai tempat, meskipun telah disediakan pilihan lepas landas dari bandara-bandara yang ada hampir di seluruh negara-negara besar di dunia. Berikut cara menggunakan Flight Simulator di Google Earth:
  1. Jalankan Google Earth, kemudian sorot pada menu bar Tools dan pilih Enter Flight Simulator.... (jika anda ingin memulai dari landasan pacu yang anda mau, anda bisa mendekatkan atau zoom in sedekat mungkin ke awal landasan pacu bandara).
    Enter Flight Simulator Google Earth

  2. Kemudian akan tampil jendela Flight Simulator. Untuk memilih tipe pesawat (Select your aircraft) terdapat 2 jenis pesawat yaitu F-16 dan SR22, (Select your start position) memilih lokasi memulai, bisa dari bandara (Airport), atau (Current View (Ctrl+A)) lepas landas dari tempat saat ini pada titik di dalam aplikasi ini, dan (Last position in flight simulator) melanjutkan dari tempat terakhir menggunakan menu flight simulator ini.
    Setelan Flight Simulator

  3. Pada Jendela ini juga ada pendeteksi Joystick Support, sehingga anda dapat menggunakan Joystick seperti stick Play Station.
  4. Berikut adalah cara menerbangkan pesawat menggunakan Keyboard:
  • Jika anda sudah berada di lintasan pesawat, tekan tombol keyboard PgUp (Page Up) untuk lepas landas (take off) (tombol Page Up ini berfungsi untuk menambah kecepatan pesawat, menaikan gear), Kecepatan untuk lepas landas yang baik yaitu sampai indikator kecepatan gear sebelah kiri sampai paling atas atau maksimal, saat kecepatan sudah mencapai sekitar 280 km/jam di indikator kecepatan, tekan tombol keyboard panah bawah sedikit untuk menaikan hidung pesawat sampai pesawat lepas landas. (Indikator kecepatan gear dan posisi hidung pesawat dapat dilihat di gambar berikut)
    Indikator pesawat tipe F-16 Flight Simulator Google Earth

  • Setelah pesawat lepas landas kontrol keseimbangan vertikal secara perlahan dan jangan menekan terlalu lama Tombol bawah atau tombol atas karena tombol ini berfungsi untuk mengangkat hidung pesawat dan tombol atas untuk menurunkan hidung pesawat. Lihat keseimbangan di indikator keseimbangan.
  • Untuk berbelok kiri atau kanan anda dapat menggunakan tombol keyboard kiri dan kanan, tekan sesekali jangan terlalu banyak dalam satu saat, dan saat berbelok usahakan anda berada pada ketinggian 5000 di indikator ketinggian.
  • Untuk mendarat (landing) tekan tombol keyboard PgDn (Page Down) untuk menurunkan gear dan kecepatan, sambil mengontrol hidung pesawat sampai mendarat. Jika anda ingin landing dengan informasi flaps 40%, anda harus keluar dengan menekan tombol exit flight simulator kemudian masuk lagi ke flight simulator dan memilih start position di current view, maka posisi pesawat akan berada pada flaps 40% dan anda hanya tinggal menyeimbangkan sampai pesawat mendarat.
    Posisi pesawat flaps 40% untuk mendarat / landing

Informasi STALL.

Jika terdapat informasi STALL dibawah indikator ketinggian, hal ini terjadi mungkin karena anda menukik secara tiba-tiba sehingga menghilangkan daya angkat atau daya dorong pesawat. Dalam keadaan STALL pesawat dapat di seimbangkan kembali namun harus berada pada ketinggian minimal 5000 pada indikator ketinggian dan posisi gear harus pada kecepatan maksimal. 
Keadaan STALL flight simulator Google Earth



Baca juga artikel terkait:

Comments