Trase Jalan Menggunakan Quantm Trimble

Dalam menentukan trase jalan yang akan di disain diperlukan pertimbangan data-data teknis seperti data elevasi tanah dan kondisi yang berada dalam koridor jalan yang akan dibangun seperti sungai.

Quantm Trimble adalah aplikasi mapping atau pemetaan untuk perencanaan trase jalan, kereta, atau hal lain yang berkaitan dengan pemetaan muka bumi. Aplikasi Quantm Trimble akan memberikan pilihan-pilihan trase yang dihasilkan berdasarkan perkiraan.

Quantm Trimble adalah aplikasi berbayar dengan menyewa key yang disediakan developer aplikasi.
langsung saja saya akan mencontohkan cara menggunakan aplikasi Quantm Trimble ini.

  1. Jalankan aplikasi nya setelah itu akan terbuka Lincense Manager anda akan diminta mengupgrade key lisensi  -> Klik tombol Upgrade pada box area License -> isikan key yang anda punya di form Upgrade License dan klik Upgrade.




Sekian sebagai perkenalan aplikasi  Quantum Trimble.

Perencanaan Jalan Menggunakan Quantm Trimble.

Software ini digunakan untuk menampilkan pilihan - pilihan hasil analisis dari alignment yang di proseses Quantm Trimble berdasarkan pada penentuan koridor dan harga satuan yang sudah ditetapkan.

Tahap Penentuan Trase Jalan menggunakan Quantm Trimble.
Sebelum memulai membuat skenario, terdapat data-data yang harus disiapkan sebelumnya, antara lain:
  • Peta DTM dan peta citra satelit area koridor trase jalan.
  • Harga satuan pekerjaan dan bahan.
  • Spesifikasi dan aturan-aturan teknik
Okay, setelah semua disiapkan berikut tahap-tahap membuat alignment trase jalan:
  1. Load Scenario, klik pada jendela Scenario Tree dan pilih folder skenario yang sudah dibuat, klik kanan dan klik Load Scenario. Maka jendela kerja berupa jendela layer akan terbuka.
  2. Buat layer peta menggunakan peta DTM dan peta satelit yang sudah disiapkan sebelumnya. Peta dapat di transparansi untuk memudahkan melihat vector garis pada peta.
  3. Meyetel menu Template Editor, anda dapat menyetel template komponen jalan yaitu Pavement, Shoulder dan  Ditch, pada setiap setelan selalu centang opsi Super Elevate, Flip view Both dan V:H Ratio 1:1


  4. Kemudian menyetel menu Geometric Parameters, Pada menu ini kita dapat menyetel horizontal, vertikal, grade dan template geometri. Setelan kecepatan yang saya masukan yaitu 40 dan 60 kpj.



  5. Selanjutnya adalah parameter biaya atau Cost Parameters. Pada menu ini kita akan memasukan harga satuan per jenis pekerjaan ,harga satuan bahan atau meterial, harga satuan jembatan, harga satuan biaya linear seperti lampu jalan, pembebasan lahan dan harga pembayaran legal dan keamanan atau fixed cost.










  6. Setelah menyetel parameter biaya. klik Start Point dan End Point pada layer untuk menyesuaikan arah koridor, jika tidak bisa di pindahkan, cari icon gembok, klik untuk buka kemudian pindahkan icon start dan Finish nya.
  7. Selanjutnya yaitu membuat zona dengan menu Create Zone. Buat zona seperti air, area terlarang seperti bandara dan perbatasan Negara agar alignment yang dibuat software tidak melewati daerah tersebut.
  8. Setelah koridor siap di identifikasi. Klik menu Corridor Identification, sesuaikan jumlah alignment anda, kemudian klik Submit dan klik OK. Software akan melakukan proses alignment sesuai jumlah yang sudah disetel. Tunggu proses ini hingga selesai.
  9. Setelah proses alignment selesai. Klik tab Scenario Notes, pilih folder sesuai nama pada proses alignment tadi, klik kanan pada folder tersebut dan klik Review Result. Maka akan tampil jendela Alignment Review yang menampilkan sejumlah pilihan trase beserta informasi total panjang dan total biaya nya. Pilih dan klik tombol View untuk menampilkan Profile View nya.
  10. Terdapat menu Visualiser. Menu ini dapat melakukan simulasi berkendara pada trase yang kita pilih. 
Jika anda tertarik belajar lebih jauh, Trimble menyediakan pelatihan tentang software ini.

Comments